Subscribe to RSS feeds

Senin, 12 Januari 2009

Tips supaya anak doyan makan sayur


Ajari anak makan sayur sedari dini, malah sejak umur 8 bulan, dimana sudah direkomendasikan untuk mengenalkan makanan semi padat, masukkan sayur sebagai menu utamanya. Berikut beberapa tips agar anak doyan makan sayuran :

* Jika masih bayi, saat membuat bubur saring, sertakan sayuran seperti wortel, kentang, jagung manis, buncis, bayam, sawi, brokoli, dan lain-lain sebagai campurannya. Rebus sayuran tersebut hingga lunak, lalu aduk dengan bubur dan sajikan selagi hangat. Jika sejak bayi udah diperkenalkan, maka lidahnya akan terbiasa mengkonsumsi sayuran.
* Jika umur anak sudah balita keatas, maka ibu harus berkreasi dengan segala jenis makanan. Beri contoh dulu jika seluruh anggota keluarga sangat menyukai segala jenis sayuran, karena anak balita adalah peniru yang ulung.
* Potong kecil-kecil sayuran, dan masukan dalam makanan favoritnya, misalkan dalam nasi goreng, tahu bola isi, atau mie goreng kesukaannya.nasi goreng sayur
* Buatlah sayuran semenarik mungkin, dipotong-potong bentuk boneka, kereta api atau mobil-mobilan, dan ajak anak ikut terlibat dalam penyusunannya, setelah itu dogengkan sebuah cerita, lalu diakhiri dengan memakannya. Sayur yang bisa digunakan wortel, kentang, buncis, brokoli, jagung, bayam dan sebagainya.
* Saat weekend, sempatkan membuat pastel isi sayuran, gabin goreng isi sayur, bakpao isi sayuran atau roti isi salad, yang lezat untuk buah hati. Selain rasanya yang enak, letak sayuran yang tersembunyi didalamnya akan mengelabui anak untuk tetap bisa memakan sayuran.roti isi salad
* Jika sedang bepergian, bawalah biskuit sayuran yang sudah tersedia banyak di supermarket.
* Katakanlah hal-hal yang menyenangkan tentang manfaat sayuran, ajaklah menggambar sayuran atau mendogeng tentang sayuran. Ceritakanlah bahwa jika memakan sayur akan sekuat gajah, dan secepat kuda, karena mereka juga suka sayuran.
* Berikanlah pujian, sanjungan atau reward jika anak kita sudah memakan sayuran, lakukanlah sekali-kali, jangan berulangkali. Misalnya jika sudah makan bayam, akan mendapatkan jus jeruk lezat, atau es krim strawberry. Berikanlah semangat positif untuk membangun image baik tentang sayuran.

Mungkin tips diatas bisa membantu, setiap orang tua memiliki cara yang kreatif untuk mengajari anaknya, dan setiap anak adalah istimewa, jadi berikan yang terbaik untuk mereka. Ayo sehat sejak dini dengan vegetarian.

0 comments:

Posting Komentar