Subscribe to RSS feeds

Senin, 12 Januari 2009

Departemen Kesehatan merekomendasikan menyusui dengan ASI adalah sampai enam bulan, dan secara berangsur-angsur diperkenalkan pada makanan sambil tetap melanjutkan ASI.

Jika anda tidak dapat memberikan ASI, atau mengkombinasikan antara ASI dan susu formula, maka masih tetap bisa diselingi dengan pemberian makanan padat. Namun jika anda memilih untuk memberikan makanan padat sebelum enam bulan, maka berkonsultasilah dulu pada ahli gizi atau dokter anak. Berikut tahapan pemberian makanan/menyapih pada bayi:

Tahap Pertama

Mulailah dengan perkenalan sendok teh/ atau sendok kecil satu kali sehari. Nasi bubur, dikombinasikan dengan ASI atau susu formula. Bubur buah seperti buah apel, pisang, persik, bubur sayuran seperti kentang, ubi manis, wortel, bayam, brokoli.

Tahap Kedua

Secara berangsur-angsur tambahkan makanan padat menjadi tiga kali sehari. Dilanjutkan dengan makanan sehari-hari dan tambahkan kacang-kacangan yang dilembutkan, plus perbanyak variasi buah dan sayur, seperti alpokat dan sayuran hijau.

Tahap Ketiga

Zat besi yang tersimpan pada enam bulan pertama saat bayi baru lahir akan menjadi permulaan untuk segera habis, oleh karena itu anda memerlukan ekstra pada makanan yang kaya akan zat besi. Mulai sekarang anda dapat memberikan terigu, gandum, tahu, kacang yang dilembutkan, susu, produk susu, yogurt dan sayuran.

Tahap Keempat

Kita bisa memberikan makanan yang bisa dipegang oleh jari-jari bayi, seperti wortel rebus, roti panggang, mentimun kupas, buncis, kentang rebus, roti berbentuk stik, atau keju persegi. Makanan keluarga yang dilembutkan, dicincang atau diiris juga dapat diberikan, asalkan jangan ditambahkan garam.



Menu Harian Sederhana

Makanan padat untuk permulaan
makan pagi – ASI dan susu formula
makan siang — 1-3 sendok teh nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula
makan malam — ASI atau susu formula
waktu tidur — ASI atau susu formula

Setelah 2 minggu
makan pagi — ASI atau susu formula
makan siang — 1-3 sendok teh nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bisa juga ditambahakan bubur sayuran atau buah
makan malam — ASI atau susu formula
Waktu tidur — ASI atau susu formula

Setelah 4-6 minggu

makan pagi — ASI atau susu formula
makan siang — 1-3 sendok makan nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bubur buah dan sayuran
makan malam — 1-3 sendok makan nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bubur buah dan sayuran
waktu tidur — ASI atau susu formula. (secara berangsur-angsur ukuran porsi makan bertambah. )


8-12 bulan
makan pagi — sejenis gandum bayi atau terigu dan sereal
makan siang — pasta dan brokoli di saos keju, manisan buah – buahan, ASI dan susu formula
makan malam – kue kacang bakar dan kentang yang dilembutkan
waktu tidur — ASI atau susu formula


Makanan keluarga yang dapat dilembutkan untuk bayi umur 8-10 bulan :


Kacang-kacangan, soya, kue pastel berisi aneka sayur, keju makaroni, kacang margarin dengan keju, alpokat, kentang, labu rebus, ubi manis pasta tomat, lada dan saos bayam, (ingat jangan menambahkan garam pada makanan bayi anda), puding, manisan buah – buahan , nasi dan puding sagu, buah kering yang direbus.

0 comments:

Posting Komentar