Subscribe to RSS feeds

Senin, 26 Mei 2008

Makanan yang Dipantang Selama Menyusui

Menyusui buah hati adalah karunia tak terhingga yang dimiliki seorang ibu. Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, menyusui juga dapat menjalin kedekatan (bonding) dengan si kecil.

Menyusui pada prinsipnya adalah sebuah proses alami. Jadi kecil kemungkinan seorang Ibu mengalami kegagalan atau tidak mampu menyusui bayinya. Yang perlu Anda tahu, banyak atau sedikitnya ASI juga tidak tergantung pada besar kecilnya ukuran payudara. Semakin sering Anda menyusui bayi, maka produksi ASI akan terus meningkat.

Namun agar pemberian ASI optimal harus dimulai sejak usia kehamilan dini dengan mempersiapkan diri dengan memperhatikan dua hal utama, yaitu makanan dan perawatan payudara.

Ada yang boleh dan pantang dikonsumsi saat Anda menyusui. Saat menyusui hindari makanan pedas dan bersantan karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Hindari juga sayuran yang mengandung gas seperti kol dan kembang kol karena dapat membuat kembung perut pada bayi tertentu. Berhenti merokok sebab zat nikotin yang ada dalam tembakau akan mengalir melalui ASI ke dalam tubuh bayi.

Anda yang bekerja setelah 3 bulan cuti tetap bisa memberi buah hati ASI minimal dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Bagi para Ibu yang harus segera bekerja kembali, tidak ada alasan untuk tidak memenuhi anjuran ini.

Ibu tetap dapat memberikan ASI dengan cara memerahnya kemudian menyimpan dalam botol yang diletakkan di lemari pendingin. Proses ini hanya butuh waktu 10-15 menit. ASI diperah bisa dengan tangan atau pompa susu khusus. Mudah dan praktis.

Mungkin Anda punya pertanyaan, perlukah mengeluarkan sisa ASI dari payudara setelah menyusui? Perlu, karena ini dilakukan untuk mempersiapkan proses menyusui pada tahap selanjutnya. Akan tetapi jika bayi sudah mendapat ASI yang cukup, Ibu tidak perlu mengeluarkan sisa ASI.

Nah, jika payudara masih bengkak atau bayi hanya menyedot salah satu bagian dari payudara, maka Ibu harus mengeluarkannya dengan breast pump.

Jelas kan?

0 comments:

Posting Komentar