Subscribe to RSS feeds

Senin, 26 Mei 2008

Pentingnya Inisiasi Menyusui Jam Pertama

Jika semua wanita mulai menyusui dalam satu jam usai persalinan akan dapat dicegah kematian satu juta bayi baru lahir. Bukti ilmiah ini berasal dari penelitian baru Karen Edmond, dkk, terhadap 10.947 bayi pedesaan Ghana, Afrika.

Hasil penelitian menunjukkan inisiasi (permulaan) menyusui dalam jam pertama setelah lahir menurunkan 22% risiko kematian bayi usia 0-28 hari. Sebaliknya penundaan inisiasi menyusui meningkatkan risiko kematian bayi.

Masalahnya di Indonesia bayi-bayi mulai disusui saat sudah ditimbang, dibuatkan cap, dibersihkan dan sekalian dibedong. Padahal inisiasi satu jam pertama, dengan menyegerakan menyusui, menganggap kegiatan ini sebagai bagian tak terpisahkan dari proses persalinan.

Dalam makalah berjudul Initiating Breatsfeeding within One Hour of Birth: Ascientific Brief, Arun Gupta, wakil World Alliance of Breastfeeding Association, menyebutkan inisiasi dini bisa disebut sebagai 'tahap keempat persalinan'. Waktu yang disarankan adalah tepat setelah persalinan (masih di ruang bersalin), sampai satu jam setelah persalinan. Prosesnya mencakup meletakkan bayi baru lahir (menengkurapkan bayi yang sudah dikeringkan tubuhnya namun belum dibersihkan dan dibedong) di dada ibu segera setelah persalinan dan memastikan bayi mendapat kontak kulit dini dengan ibunya, menemukan puting susu dan mendapatkan asupan kolostrum sebelum ASI keluar.


Dalam makalahnya Arun Gupta menyebutkan sejumlah manfaat inisiasi jam pertama, yaitu
z
Meningkatkan peluang ibu untuk memantapkan dan melanjutkan kegiatan menyusui selama masa bayi
z
Memberi kesempatan bayi mendapat kolostrum pertama yang amat kaya berbagai macam komponen kekebalan dan non-imunitas dan penting untuk pertumbuhan usus dan ketahanan terhadap infeksi
z
Memberi kehangatan langsung ke tubuh bayi sehingga bisa mengurangi kejadian kematian akibat hipotermia
z
Mencegah terlewatnya refleks mengisap pada bayi yang terjadi 20-30 menit setelah lahir. Jika bayi tak disusui refleks akan berkurang cepat dan hanya akan muncul kembali dalam kadar secukupnya dalam 40 jam kemudian. Padahal kandungan antibodi kolostrum paling tinggi terjadi pada 12 jam setelah persalinan.

Jadi, jangan sia-siakan. Perlihatkan artikel ini pada dokter Anda!

Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan semua.....Okreeee....!!!!!!!


0 comments:

Posting Komentar