Subscribe to RSS feeds

Rabu, 04 Februari 2009

Masih Menyusui, Ehhhh.......hamil lagi.....??!!??!!

Cari tahu triknya, agar jabang BAYI dan kakaknya sama-sama mendapat asupan gizi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Tak perlu bingung jika Anda dinyatakan dokter hamil lagi padahal masih dalam masa menyusui. Selama kehamilan Anda sehat, ASI untuk si sulung tetap bisa diteruskan.

Makan yang cukup. Wajar jika timbul rasa khawatir bahwa dengan tetap memberikan ASI pada si sulung berarti Anda telah mengambil porsi zat gizi yang semestinya diberikan kepada janin. Namun tahukah Anda, alam telah membekali tubuh Anda untuk memprioritaskan pemberian zat gizi kepada janin yang sedang tumbuh tanpa mengurangi porsi yang disalurkan untuk membentuk ASI.

Jadi, Anda tak perlu khawatir janin atau kakaknya kekurangan gizi. Si kakak tak perlu disapih, apalagi jika usianya masih di bawah 6 bulan, mengingat ASI masih merupakan makanan utamanya sampai dia berusia 6 bulan.

Selama Anda memperhatikan pola makan dengan menjaga asupan gizi yang seimbang dalam menu makanan sehari-hari dan mengonsumsi cairan yang cukup, yakni minimal 8 gelas per hari, maka keduanya akan mendapat asupan gizi yang baik pula. Selain itu, supaya tetap fit, jaga kondisi dan kesehatan tubuh dengan istirahat dan olahraga ringan dengan cukup

Stop, jika kontraksi. Isapan si kecil pada payudara ibu akan merangsang kelenjar hipofisis untuk mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon yang mempengaruhi produksi ASI ini juga bisa memicu timbulnya kontraksi rahim.

Jika Anda merasakan gejala-gejala yang membahayakan janin, seperti kontraksi rahim, sebaiknya hentikan kegiatan menyusui. Jika perlu, konsultasikan dulu apa yang Anda alami dengan dokter sebelum melakukan kembali kegiatan menyusui.

Sebaliknya, jika tidak merasakan gejala apa-apa, Anda tetap dianjurkan untuk terus menyusui, meski perubahan hormon di awal kehamilan mungkin akan membuat puting susu lebih sensitif, sehingga membuat Anda sedikit kesulitan dalam menyusui. Tapi yakinlah, selama kondisi kehamilan dan tubuh Anda sehat, Anda bisa menjalankan peran bunda ini dengan lancar.

0 comments:

Posting Komentar