Subscribe to RSS feeds

Jumat, 20 Februari 2009

Mengetahui Tingkat Kesuburan Wanita

Pada kedua pasangan yang subur, terkadang masih ditemukan kasus sulit untuk mendapatkan bayi/momongan/mendapatkan kehamilan. Hasil tes yang baik pada wanita/perempuan menandakan bahwa istri mampu untuk hamil.
Ada tiga metode yang umumnya dipakai untuk mengetahui masa subur seorang wanita yaitu : metode kalender, metode suhu basal dan metode lendir kesuburan. Namun disini kami akan membahas dulu mengenai kesuburan wanita secara umum.

Ketika pasangan suami istri yang menginginkan kehamilan datang ke dokter spesialis kandungan (DSOG), dokter biasanya menanyakan usia pernikahan sebelum melakukan tes awal kesuburan. Bila usia pernikahan belum mencapai 1 tahun dokter biasanya enggan untuk melakukan diagnosa ataupun memberi resep obat kesuburan, namun demikian anda berhak untuk memberi tahu dokter bahwa anda berdua menginginkan kehamilan dan meminta dokter untuk melakukan tugasnya baik melakukan tes awal kesuburan dan memberikan resep obat kesuburan.

Tes awal kesuburan yang kami maksudkan disini adalah berupa pemeriksaan awal oleh dokter mengenai posisi mulut rahim, posisi indung telur dan saluran telur. Dokter akan memastikan bahwa posisi mulut rahim normal dan tidak terbalik. Bila posisi mulut rahim ini tidak normal biasanya dokter memberikan nasehat posisi berhubungan intim yang cocok agak sperma dapat terpancarkan langsung ke mulut rahim. Hal yang tak kalah pentingnya adalah saluran telur. Dokter harus memastikan bahwa sel telur yang dilepaskan dari indung telur dapat berjalan menuju rahim untuk dibuahi oleh sel sperma.

Pemeriksaan tes awal kesuburan diatas terkadang menggunakan alat USG ataupun pemeriksaan langsung melalui Vagina. Bila semuanya dianggap normal, dokter kemudian mempersilahkan pasien untuk melakukan tes TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes ). Tes TORCH relatif lebih mahal dibandingkan tes sperma, untuk itu biasanya dokter mempersilahkan suami untuk melakukan tes sperma sebelum tes TORCH ini dilakukan.

Tes TORCH sebetulnya tidak terlalu berkaitan dengan kesuburan wanita, hanya saja TORCH sangat berbahaya bagi janin bila di infeksi oleh ibu hamil. Namun demikian anda tidak perlu kawatir mengingat saat ini tengah dikembangkan sistem imun terhadap virus TORCH.

0 comments:

Posting Komentar