Subscribe to RSS feeds

Jumat, 20 Februari 2009

Tanda-tanda Kehamilan

Kehamilan merupakan satu hal yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Walau demikian kehamilan bisa menjadi hal yang tidak diinginkan bagi mereka yang belum menikah dan terjerumus dalam pergaulan seks bebas. Mereka yang kemudian tidak ingin hamil akhirnya melakukan cara menggugurkan kandungan yang banyak ditentang oleh agama dan masyarakat.
Kehamilan sebetulnya dapat dengan mudah dikenali oleh pasangan suami istri. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi bagi wanita :

 - Puting/payudara lebih lembut

Ketika ibu mulai mendapatkan kehamilan, ibu hamil dapat merasakan bahwa payudara dan putingnya menjadi lebih lembut sekitar tiga minggu setelah pembuahan (saat haid terlambat sekitar seminggu). Pada saat ini payudara bisa saja terasa bengkak, seperti saat menjelang haid.

- Muncul flek dan kram

Pada ibu hamil biasanya muncul flek warna merah muda/pink di celana dalam pada saat implantasi - peristiwa menempelnya embrio pada dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari setelah ovulasi/pembuahan. Kadang ibu hamil salah mengartikannya sebagai haid, hanya waktunya lebih pendek ketimbang menstruasi normal. Kram juga umum terjadi di awal kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram seperti ini akan muncul. Kontraksi di rahim terjadi secara teratur, meningkat dengan olahraga, orgasme dan bahkan perubahan posisi.

 - Areola lebih gelap

Pada kehamilan awal, ibu dapat mengenali daerah areola (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar. Ibu hamil dapat melihat juga tanda kehamilan lain yaitu vena / pembuluh darah balik di payudara menjadi lebih besar akibat terjadinya penegangan pada payudara.

 - Lelah berlebihan

Salah satu tanda kehamilan yang umum terjadi adalah rasa lelah. Saat ibu mendapatkan kehamilan, tubuh ibu mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Seluruh tubuh ibu hamil melakukan penyesuaian terhadap proses tumbuh kembang janin. Sebagian besar ibu hamil akam mengalami kelelahan berlebih ini sampai usia kehamilan 12 minggu.


 - Mual dan muntah

Tanda kehamilan ini mungkin dapat dikenali dengan lebih jelas. Ketika ibu mendapatkan kehamilan, beberapa hari setelah pembuahan, ibu hamil biasanya mengalami morning sickness. Yaitu rasa mual dan muntah berlebih terutama di pagi hari. Namun demikian pada umumnya ibu hamil juga mengalami rasa mual dan muntah ini di waktu siang dan malam.

 - Sering buang air kecil

Ketika ibu mendapatkan kehamilan saat haid terlambat satu hingga dua minggu, mungkin keinginan buang air kecil menjadi lebih sering ketimbang biasanya. Ini karena janin yang tumbuh di rahim menekan saluran urin. Inilah sebabnya rasa ingin berkemih menjadi lebih sering.

 - Sembelit

Ibu yang mendapatkan kehamilan biasanya mengalami sulit Buang air besar (BAB). Hal ini lazim terjadi pada awal kehamilan mengingat hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.


 - Naiknya temperatur basal tubuh

Salah satu tanda kehamilan yang dapat dideteksi oleh ibu hamil adalah temperatur basal tubuh. Pada saat ibu mendapatkan kehamilan suhu basal tubuh akan meningkat, terutama pada saat masa haid yang harusnya datang terlewat. Suhu tubuh ini tidak turun ke level sebelum terjadi ovulasi. Tanda kehamilan ini dapat dikenali dengan menggunakan termometer yang digunakan di pagi hari.

 - Haid tak datang

Ketika wanita terlambat haid padahal biasanya siklusnya teratur, maka dapat dipastikan ibu mendapatkan kehamilan. Hal ini dapat ibu kombinasikan dengan tanda kehamilan yang lain untuk menentukan apakah benar hamil atau tidak.

 - Tes kehamilan positif

Salah satu tanda kehamilan yang pasti adalah ketika hasil tes pack memberikan hasil positif. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat cobalah untuk melakukan test pack menggunakan urin pertama di pagi hari. Dalam mengenali tanda kehamilan, test pack ini bekerja dengan mendeteksi adanya hormon HCG dalam urin.

 - Kantung Rahim Membesar

Pada saat ibu mendapatkan kehamilan, kantung rahim ibu hamil akan membesar. Pembesaran ini dapat diketahui lewat pemeriksaan USG dengan bantuan tenaga medis.
 

0 comments:

Posting Komentar