Subscribe to RSS feeds

Rabu, 04 Februari 2009

Si Kecil Naik Pesawat???? Boleh kok.......

Udah 2 hari ini aku ngerasa boseeen banget di kantor... bingung gak tahu apa yang harus aku kerjakan di kantor.... Maklum..... lagi sepiiii bgt....

Karena dari pagi aku browsing terus, akhirnya kutemukan sebuah article bagus yaitu tips buat Bunda2 yang suka travelling bawa si mungil kesayangan kita. Semoga Bermanfaat.

Si Kecil Naik Pesawat??? Boleh kok....

Ingin melakukan perjalanan dengan pesawat bersama si kecil? Riskan memang, tapi bisa saja dilakukan. Pastinya butuh perhatian khusus ya, jika Bunda ingin si kecil ikut serta dalam perjalanan Bunda.

Benarkah si kecil boleh naik pesawat? Sebenarnya bayi usia tiga bulan atau lebih sudah bisa melakukan perjalanan dengan pesawat. Bahkan, menurut peraturan di sebuah maskapai penerbangan Indonesia, bayi yang lahir cukup bulan dan tidak memiliki gangguan jantung dan pernafasan, boleh melakukan penerbangan sejak usia tujuh hari.

Namun tak ada salahnya jika Bunda melakukan konsultasi dulu dengan dokter dan cek keadaan si kecil secara keseluruhan sebelum Bunda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di telinga si kecil, susui atau berikan makanan pada si kecil sebelum take-off dan landing. Dan sebaiknya si kecil dalam keadaan bangun dan disusui ketika turun dari pesawat. Bawalah perlengkapan dan kebutuhan bayi yang diperlukan untuk traveling.

Perlukah car seat di pesawat? Memang biasanya pada usia 24 bulan pun si kecil masih bisa bebas biaya, namun sangat tidak dianjurkan si kecil untuk duduk dipangkuan Bunda. Turbulesi atau perubahan tekanan secara drastis di pesawat dapat membuat si kecil terlepas dari pegangan Bunda. Dan jika terjadi kecelakaan, si kecil bisa saja terjepit di antara tubuh Bunda.

Ada baiknya jika Bunda memesan satu kursi lagi khusus untuk si kecil. Jika ia sudah cukup besar untuk bisa duduk sendiri, itu lebih baik. Atau jika tidak, Bunda bisa menggunakan car seat atau pengaman khusus untuk bayi dan anak kecil.

Namun jangan sembarangan menggunakan car seat untuk si kecil, ya Bunda. Jika Bunda membeli car seat buatan Amerika, pastikan ada sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA). Untuk lebih amannya, carilah yang bertuliskan: "This restraint certified for use in motor vehicles and aircraft."

Sementara jika berat badan si kecil sudah mencapai 20 kilogram, lebih baik ia menggunakan sabuk pengaman pesawat. Dan selalu perhatikan dengan baik instruksi dari awak pesawat kapan Bunda harus 'mengikat' si kecil di kursinya.

Jika Bunda bisa mencari tempat duduk dekat jendela, itu lebih baik. Dengan demikian Bunda bisa meletakkan car seat si kecil tanpa mengganggu jalan. Namun jangan duduk di samping pintu darurat atau dekat pintu keluar.

Jangan lupa untuk membawa beberapa mainan atau buku favorit si kecil. Mainan dan buku-bukunya ini akan membantu Bunda agar si kecil bisa tenang dan duduk manis di pesawat.

Okeeeeee..... ajak si kecil jalan2 naik pesawat yuuuukkk........

0 comments:

Posting Komentar