Subscribe to RSS feeds

Kamis, 12 Maret 2009

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Saat hamil, saya pernah diberi tahu agar menghindari menjahit baju atau menisik. Konon hal ini pamali dilakukan ibu hamil karena dicemaskan bayi akan terlahir cacat.

Saya mematuhi perintah tersebut, karena pada dasarnya saya memang tidak pintar menisik atau menjahit baju. Jika ada baju yang diperbarui, ya lebih baik ke penjahit. Beres....
Saya melakukan ini bukan karena percaya akan hal itu, melainkan karena mengambil segi praktisnya saja.


Bagaimana dengan Anda, apakah pernah diwanti-wanti untuk tidak menisik baju saat hamil? Hmmm, kebenarannya masih diragukan. Namun memang tidak ada salahnya mematuhinya, karena toh teman atau kerabat yang memberitahukan hal ini menunjukkan rasa sayangnya pada Anda dan calon bayi kan?

Bagaimana dengan sejumlah nasihat lain, seperti tidak boleh minum air es saat hamil agar bayi tidak terlahir besar? Nah, daripada bingung, mendingan kita cari tahu saja faktanya yuk.....

1. Jangan memotong atau menjahit baju, nanti anak akan lahir dengan bibir sumbing
Fakta: Bibir sumbing biasanya karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi atau faktor genetik. Untuk alasan ini sinar X tidak dilakukan selama kehamilan kecuali atas indikasi tertentu.

2. Minum es selama kehamilan akan membuat bayi lahir besar
Fakta: Bayi besar biasanya berhubungan dengan ibu hamil yang mempunyai penyakit kencing manis. Jadi mungkin es ini diminum oleh ibu hamil yang memang dengan riwayat penyakit kencing manis. Jadi bukan minum es lalu menyebabkan bayi besar karena air es akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai keringat atau air seni.

3. Banyak minum susu kedelai agar bayi berkulit putih
Fakta: warna kulit seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik ayah dan ibunya, bukan dari susu kedelai.

4. Jangan makan jeruk karena akan meningkatkan lendir pada bayi dan risiko bayi kuning
Fakta: Jeruk adalah sumber vitamin C dan serat yang baik yang justru dibutuhkan untuk menghindari sembelit pada ibu hamil.

5. Makanan pedas akan membuat bayi terlahir dengan bercak kemerahan atau berwarna kulit gelap
Fakta: Warna kulit seseorang tidak ditentukan oleh makanan pedas, tapi faktor genetik dari ayah dan ibu. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa makan makanan pedas saat hamil, membuat rasa tak enak di perut apalagi bila anda sedang mual, jadi bukan karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit. Yang ada perut terasa tidak nyaman, apalagi jika Anda punya gangguan lambung.

Nah, percaya atau tidak, sepenuhnya terserah Anda lho......

0 comments:

Posting Komentar