Subscribe to RSS feeds

Selasa, 17 Maret 2009

Perubahan Kulit Selama Kehamilan dan Solusinya

Pernah tidak, orang mengatakan Anda tampak lebih cantik saat mengandung? Jika ada yang berkomentar demikian, itu bukan basa-basi lho.

Hormon kehamilan akan menjadikan kulit Anda lebih cemerlang, rambut bercahaya dan mata lebih berbinar. Hormon-hormon tersebut juga akan menjadikan tampilan kulit lebih halus akibat efek retensi kelembaban jaringan kulit. Meningkatnya volume aliran darah di tubuh juga memperlihatkan efek warna kemerahan merona pada kulit. Cantik sekali bukan?
Namun, meningkatnya hormon kehamilan di aliran darah juga dapat menimbulkan perubahan yang tidak kita inginkan. Apa saja? Kami sajikan sebagai berikut, tentu dengan solusinya!!!!!!!!!

1. Kloasma
Sejumlah ibu hamil mengalami perubahan di ajah berupa bercak coklat yang bentuknya tak beraturan di daerah dahi, pipi, leher dan hidung. Kondisi ini disebut 'topeng' kehamilan (kloasma) akibat pigmentasi di lapisan kulit bagian dalam. Kloasma muncul karena paparan sinar matahari. Kloasma akan mereda dan menghilang setelah melahirkan.
Solusi:
Gunakan produk kosmetik untuk menyamarkan tanda lahir, seperti concealer. Untuk mengurangi kloasma, gunakan tabir surya setiap Anda beraktivitas, baik di dalam maupun luar ruang.

2. Spider Naevi
Munculnya bercak kemerahan yang dikelilingi gambar seperti jaring laba-laba disebabkan adanya peningkatan hormon estrogen. Tekanan darah memperlebar pembuluh darah kecil di kulit Anda dan membuatnya pecah. Kondisi ini tak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya
Solusi:
Gunakan penyamar noda sesuai warna kulit

3. Linea Nigra
Sejumlah ibu hamil mengeluhkan munculnya pigmentasi kehitaman di area tubuh, seperti di leher, puting payudara, sekitar alat kehitaman. Biasanya pigmen ini sudah ada sejak sebelum hamil, namun akan bertambah nyata saat Anda hamil. Selain itu, juga akan muncul garis kehitaman di sepanjang garis tengah perut, melingkar ke daerah pusar hingga kelamin. Kondisi ini menunjukkan bahwa otot-otot perut telah tertarik untuk memberikan ruang bagi rahim yang sedang berkembang.
Solusi:
Tak ada yang dapat dilakukan, karena hal ini alami dan akan menghilang tak lama setelah Anda melahirkan.

Nikmati saja kehamilan Anda, andalkan kosmetika untuk menutupi 'kekurangan' kulit yang bersifat sementara ini...

0 comments:

Posting Komentar