Subscribe to RSS feeds

Kamis, 12 Maret 2009

Posisi Senggama Sewaktu Hamil

Berhubungan seks diwaktu hamil sebetulnya bukan melakukan hal yang dilarang. Hubungan intim di masa kehamilan selain berfungsi sebagai refreshing bagi ibu juga berguna untuk menyiapkan otot panggul dalam menghadapi proses persalinan. Namun demikian karena ibu sedang mendapatkan kehamilan hubungan intim ini harusnya dilakukan secara hati-hati agar kondisi janin di dalam kandungan tetap aman.

Posisi berhubungan intim pada masa awal kehamilan umumnya masih banyakvariasi yang dapat dilakukan. Namun setelah lewat Trimester I pilihan posisi bercinta ini menjadi terbatas dan kadang posisi tertentu justru berbahaya bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Berikut adalah beberapa posisi berhubungan intim yang disinyalir aman bagi kehamilan.

Posisi Wanita diatas

Posisi ini cukup sederhana yaitu pria berbaring dan wanita berada diatas. Posisi hubungan intim ini mencegah terjadinya tekanan pada bagian perut dan payudara sehingga ibu tidak merasa sakit dan janin tidak tertekan. Kelebihan lain yang bisa ibu dapatkan dari posisi ini adalah ibu dapat mengatur kedalaman penetrasi penis dan irama bercinta yang sedang dilakukan.

Posisi Menyamping

Seperti namanya, posisi menyamping ini dilakukan dengan cara berbaring sehingga hubungan seksual dilakukan dari samping. Ibu dapat melakukan hal ini dengan pasangan berada di belakang sehingga penetrasi penis dilakukan dari belakang. Posisi ini sangat sesuai bagi ibu ketika perut sudah mulai membesar namun dengan posisi ini ibu tidak dapat berperan aktif lagi selama memadu cinta.

Posisi Duduk

Salah satu posisi yang biasanya menjadi pilihan di akhir Trimester 2 kehamilan dan Awal Trimester 3 kehamilan adalah posisi duduk. Hubungan seksual dengan posisi ini dilakukan dengan cara wanita duduk ditopang oleh pria. Pada posisi ini mungkin ibu dan pasangan tidak dapat lagi melakukan gerakan aktif saat pemanasan namun ini merupakan posisi yang paling aman dalam berhubungan seksual diwaktu hamil.

Satu hal yang paling penting pada hubungan seksual diwaktu hamil adalah selalu perhatikan kondisi perut ibu. Hindari gerakan yang menekan perut dan kandungan ibu karena hal ini membahayakan janin. Hal yang lebih penting lagi adalah selalu nikmati hubungan seksual yang bisa ibu lakukan karena ketika ibu dan pasangan menikmatinya, bayi juga merasa aman dan nyaman di dalam kandungan. Bila ibu stress dan kawatir akan keselamatan janin di kandungan ketika berhubungan intim maka janin dapat merasakan sensasi stress yang ibu rasakan dan ini juga berpengaruh bagi kehamilan.

1 comments:

mas_tiyo mengatakan...

ada lagi enggak mbak selain ke-3 posisi itu, maksud saya sing aman loh.

Posting Komentar