Subscribe to RSS feeds

Kamis, 12 Maret 2009

Manfaat Berjalan Kaki Di saat Hamil

Bila sebelum mengandung Anda tidak terbiasa melakukan olah raga, maka mulailah dengan hal-hal yang simple yakni dengan berjalan kaki saat sedang mengandung. Olah raga ini tergolong mudah dilakukan karena Anda tidak memerlukan peralatan khusus ataupun ruangan khusus. Selain itu waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, hanya sekitar 20 sampai 30 menit per hari.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan berjalan kaki, yakni mempermudah saat proses persalinan, memperkuat otot, menekan resiko terjadinya preeklamsia, mengurangi keluhan-keluhan seperti nyeri punggung dan kembung, memperlancar aliran darah, membantu sirkulasi udara, menghilangkan bad mood seperti stress, dan lain-lain.

Jika Anda memutuskan untuk berjalan-jalan diluar rumah, pastikan Anda menggunakan sepatu sport untuk melindungi kaki Anda agar tidak cepat merasa pegal. Gunakan sunblock untuk melindingi kulit Anda dari sengatan matahari. Bawa juga air mineral untuk menghindari dehidrasi.

Bila udara diluar rumah terlalu panas, Anda bisa berjalan-jalan di dalam rumah saja, karena tanpa disadari dengan berjalan dari ruang tamu ke dapur atau ruangan lainnya, itu sudah membuat tubuh Anda bergerak aktif.

Saat berjalan, Anda pun bisa sambil menggerakkan bagian tubuh Anda seperti menganyunkan kedua tangan secara seimbang dan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, dengan begitu otot-otot yang tegang akan terasa lebih rileks. Dan jangan lupa untuk mengatur nafas Anda.

Namun jangan pula memaksakan diri untuk berjalan terlalu lama, bila kondisi sedang tidak fit, terlebih bila Anda mengalami pendarahan, sulit bernafas, pusing, sakit punggung, kaki bengkak, atau kontraksi. Bila perlu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif lagi.

Selamat mencoba!

1 comments:

Dedot mengatakan...

saya blom nikah neh,hehehe... tapi tipsnya keren-keren ya...

Posting Komentar